Translate

Saturday, September 10, 2016

Posisi Strategis Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia


   Hai guys! jadi kali ini aku mau sharing tentang Posisi Strategis Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia-nih yg aku rangkum dari Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Geografi 2 Untuk SMA/MA Kelas XI Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial hehe:3

Yukk langsung aja check this out!

btw,Selamat membaca dan semoga bermanfaat~~~


1. Letak Wilayah Indonesia
   Seperti yg kita tahu, negara kita yg satu ini memiliki posisi yg strategis karena diapit oleh dua benua dan dua samudra, yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta Samudra Pasifik dan Hindia. Di tambah lagi Indonesia terletak di daerah Khatulistiwa.
Image result for peta indonesia
sumber: Google

Menurut Charles Ramage (1969) kep.Indonesia merupakan bagian terbesar dari benua maritim, selain Filipina dan Papua Nugini

(FYI, Sebutan benua maritim itu ditujukan untuk wilayah kepulauan yang terletak di khatulistiwa dan di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, yg dikenal sbg kolam hangat tropis/tropical warm pool.)

Selain itu, Indonesia juga memiliki fungsi sbg sistem sirkulasi global karna memiliki kelembapan yg tinggi dan hutan tropisnya yg merupakan pusat kendali sistem iklim dunia.


2. Luas Wilayah Indonesia
   Luas perairan Indonesia saat ini sebesar 6.315.222 km², dg panjang garis pantai mencapai 99.093km, yg terdiri dari 13.466 pulau.

WAHH, LUAS BANGET KAN?!!

Luasnya lautan Indonesia ini membawa keberkahan bagi bangsa Indonesia karna SDA yg melimpah dan dapat mensejahterakan rakyat Indonesia....... hanya jika dikelola dgn baik dan optimal :)

3. Batas Wilayah Indonesia
   Sesuai dgn United Nations Convention on The Law of The Sea (UNCLOS) disebutkan bahwa sbh negara pantai berhak atas laut teritorial sejauh 12mil laut, zona tambahan sejauh 24mil laut, ZSEE sejauh 200mil laut,dan landas kontinen sejauh 350mil laut atau lebih.
                                         
   Image result for peta batas wilayah teritorial indonesia
Sumber: Google
No
Batas Wilayah neg. Indonesia

1
Sebelah utara
Berbatasan dgn Selat Malaka, LAut Cina Selatan, Malaysia, Laut Sulawesi, dan Samudra Pasifik
2
Sebelah timur
Berbatasan dgn Samudra Pasifik dan Papua Nugini
3
Sebelah selatan
Berbatasan dgn Timor Leste, Laut Arafuru (antara Papua dan Australia),dan Samudra Hindia
4
Sebelah barat
Berbatasan dgn Samudra Hindia (Indonesia)
Sumber: Buku Geografi untuk SMA/MA kelas XI ERLANGGA, penulis: K. Wardiyatmoko

   Selanjutnya, kita lanjut ke Karakteristik Wilayah Indonesia!!^^.Indonesia memiliki 2 karakteristik, yaitu Wilayah Daratan dan Perairan.Wilayah daratan menghasilkan jalur pegunungan,membentuk rangkaian kepulauan, dan jalur-jalur patahan yg mengakibatkan gempa, serta zona tumbukan lempeng tektonik yg membentuk jalur gunung api yg aktif.

Sedangkan wilayah perairan dibagi dengan zona, seperti zona neriktik dan oseanik (pembagian daerah pelagik secara horizontal) serta zona fotik, afotik, meso,bati pelagik,dsb. (secara vertikal)



SEJARAH PERKEMBANGAN JALUR TRANSPORTASI DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL DI INDONESIA
Nah, beralih dari bahasan yg kebanyakan mencakup Geografi dan memang sengaja ku tulis demi melengkapi tugas geografi aku disekolah.. *loh kok jadi curcol* HUEHUEHUE, sekarang saatnya kita ber-flashback ria dengan masa lalu. ASYIKK!!

Keep reading yaa, jangan karna menyangkut dgn sejarah terus kalian skip gitu aja dibagian ini:(
karna ada seorang yg mengatakan "Barang siapa tidak mengenal sejarahnya akan tetap menjadi anak kecil ─Cicero"
dah ah. Dari pada makin ngelantur sana-sini mending kita langsung ke pokok bahasannya>.<

   Berawal dari pelayaran pd masa Kerajaan Bahari (Sriwijaya) dan Majapahit yg dilakukan oleh Laksamana Cheng Ho, pelayaran Portugis-Spanyol, dan pelayaran VOC pada abad ke-16, Laksamana Cheng Ho melakukan pelayaran dari Tiongkok ke Samudra Hindia melewati Kep. Indonesia Bagian Barat, sampai ke Timur Tengah dan Pantai Timur Afrika dengan tujuan ekspedisi laut yg banyak menginspirasi dlm pelayaran Spanyol dan Portugis dlm bidang perkapalan.

   Pelayaran Cheng Ho di Nusantara diawali Kerajaan Samudra Pasai, dan dilanjutkan ke Pelabuhan Palembang, P.Bangka, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Pelabuhan Muara Jati. Ia memimpin armada perdagangan dan menyebarkan agama islam di Nusantara, Malaysia, dan Brunei.

   Sementara VOC berhasil merebut pelabuhan dan melakukan monopoli perdagangan serta melarang pribumi melakukan pelayaran di Perairan Nusantara, VOC mendominasi dunia maritim Nusantara selama ±2 abad :(

Berikut tampilan peta pelayaran Portugis, Belanda dan Spanyol
Image result for jalur pelayaran portugis belanda dan spanyol



PERKEMBANGAN JALUR TRANSPORTASI DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL DI INDONESIA SBG UPAYA MENUJU NEGARA POROS MARITIM DUNIA
Selama ini, banyak orang memandang laut sebagai pemisah daratan. Perspektif dari kacamata daratan telah membuat kita terasing dan kurang memanfaatkan kekuatan dan kelebihan laut. Padahal, menggeser cara pandang ini membuat kita dapat melihat Indonesia sebagai satu kesatuan, bukan sekadar pulau-pulau terpisah.
Pemahaman tersebut yang memunculkan gagasan tentang tol laut, untuk menegaskan kembali Indonesia sebagai bangsa maritim. Tol laut yang dimaksud adalah membangun transportasi laut dengan kapal atau sistem logistik kelautan, yang melayani tanpa henti dari Sabang hingga Merauke.
Tujuannya menggerakkan roda perekonomian secara efisien dan merata. Nantinya akan ada kapal-kapal besar yang bolak-balik di laut Indonesia, sehingga biaya logistik menjadi murah. Itulah sebabnya, tol laut menjadi salah satu program prioritas Presiden Jokowi untuk mengembangkan sektor kemaritiman. Salah satu faktor penunjangnya adalah kebutuhan akan pelabuhan laut dalam (deep sea port) untuk memberi jalan bagi kapal-kapal besar yang melintasi rute dari Sabang sampai Merauke. Sebuah jalur yang membentang sejauh 5.000 kilometer atau seperdelapan keliling bumi.   

Nah, ini konsep rencana pengembangan tol laut:) Kita doakan semoga berhasil ya!!!!!!
Image result for TOL LAUT
   Buat kalian yg blm tahu apa itu tol laut, Tol Laut adalah kapal laut yg berlayar secara rutin dan terjadwal yg menghubungkan wil. Indonesia dari barat-timur, dan dari utara-selatan. Tol Laut sendiri terdiri atas kapal pelayaran untuk peti kemas dan penumpang. 

  Wah kedengarannya WOW sekali ya rencana andalan Presiden ke-7 kita ini alias Bapak Jokowi. Tapi....
Image result for TOL LAUT
   Sebagai Warga Negara yg baik, kita hanya bisa berharap agar apa yg dicanangkan oleh pemerintah akan berbuah manis bagi Negri tercinta ini dan tentunya membuat indonesia semakin makmur dan bersahaja. GO! GO!! GO!!! INDONESIA!!!!!!!!!!!


   Terakhir, mari kita bahas mengenai Potensi Sumber Daya Kelautan Indonesia.

Sumber Daya Perikanan
   Sekitar 37% (2000 jenis) spesies ikan di dunia terdapat di Indonesia dan 400 diantaranya bernilai ekonomi tinggi. (Ikan tuna, cakalang,tenggiri,kakap,tongkol,udang,cumi-cumi,lobster,kerapu,baronang dan ikan hias)

Pasti kalian udah bertanya-tanya dong kenapa kita masih berada di bawah negara Jepang,Thailand,Korea serta Norwegia yg bahkan potensi kelautannya jauhhhhhhhhhh dibawah Indonesia?

Jawabannya..... adalah........... ENG ING ENGG!!
.
.
.
Nungguin ya??! Ciee.. HHAHAHA masi jaman nunggu?!
PISS.

Jadi, jawabannya itu pencurian ikan atau illegal fishing yg dilakuin negara lain menyebabkan kita rugi 25Milyar Dollar AS pertahun. Inimah Rugi bandar namanya:(
ada lagi nih. Pelabuhan laut kita belum berfungsi dg optimal. 'BELUM' berarti 'AKAN' positive thinking aja:)
terus armada kapal penangkap kita masi tradisional.. yg kalo jalan kapalnya bunti preketekketek.
DAN MASIH BUAANNYAKK LAGIII

  Padahal nih ya, kalo kita bisa mengolahnya secara optimal, itu gak menutup kemungkinan menjadikan Indonesia sbg PENGHASIL IKAN TERBESAR SE ASIA maupun DUNIA dan dapat menghasilkan pendapatan sebesar 31,9 TRILLIUN AS perTAHUN.


Pariwisata Bahari
   Indonesia sangat berpotensial dalam bidang ini di Asia bahkan Dunia. Dgn kondisi ombak yg sangat bervariasi, memungkinkan wisatawan untuk surfing,ski air, diving,snorkeling dan berlayar. Kita harus melirik terumbu karang sbg modal utama. Sebut saja Bunaken< Raja Ampat serta Pantai Kuta Bali yg telah melegenda dgn keindahannya. 
Dapet salam nih dari surga bawah laut, Bunaken. Ditanyain, kapan mampir.
Image result for bunaken



Kalo yg ini buat perbandingan aja hehehe

Raja Ampat, Papua vs Phi Phi Island, Thailand dan Ha Long Bay, Vietnam

foto keindahan raja ampat 
raja ampat. foto : robysuhe

foto pemandangan phi phi island thailand 
phi phi island thailand. foto : belmavrc

foto keindahan ha long bay vietnam 
ha long bay vietnam. foto : elrincondesele
Indah banget kan.Ciptaan Tuhan mana lagi yang kau dustakan?...........


Next, ada hutan mangrove yg kita miliki sekitar 25% dari seluruh yg ada di dunia.
Image result for hutan mangrove
Seru bgt kan bisa ngadem-ngadem asyik sambil mancing, jalan-jalan cari udara segar atau memikirkan masa depan. HMMM
Image result for hutan mangrove


Image result for hutan mangrove


Image result for hutan mangrove

Selain indah dan menggiurkan untuk dikunjungi,potensi pariwisata Indonesia yg banyak dan besar tersebut juga sangat menjanjikan dan dapat berkontribusi besar bagi pemasukan negara. tentunya jika dikembangkan serta dioptimalkan. Dan itu bukan hanya tugas pemerintah saja, kita sbg WNI juga harus ikut serta dalam pengembangannya.Kita sbg warga negara Indonesia cenderung merasa bangga jika menggunakan produk berlabel luar negeri dan dengan bangganya memamerkan itu semua, lalu merasa malu ketika memakai produk lokal dg alasan kualitas yg buruk atau gengsi

Jika pola seperti itu yg terus terbentuk, bagaimana Indonesia bisa maju? Saatnya yg MUDA YANG BERKARYA serta mengembangkan potensi yg ada tsb. Jika Bukan Kita, Lantas Siapa Lagi? Jangan sampai kita terjajah di Negeri sendiri seperti dahulu kala.

Sekian Informasi yg dapat saya berikan, mohon maaf untuk kekurangannya dan Terimakasih telah membaca!^^ Semoga Membantu~
 “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”─Bung Karno

6 comments: